Selasa, 19 September 2017

TEMPUH GARJAS DIVISI DEMI UKP 01 APRIL 2018


Pendenpal 2 (19/09).  Prajurit Detasemen Peralatan ( Denpal ) Divisi Infanteri ( Divif ) 2 yang diusulkan kenaikan pangkat ( UKP ) periode 01 April 2018 pada tanggal 18 s.d. 19 April 2018 bertempat di Lapangan Sapta Marga Madivif 2 Kostrad Singosari Malang melaksanakan tes kesegaran jasmani tingkat Divisi. Diawali dengan garjas C yaitu renang militer jarak 50 meter di kolam renang Tirta Vicadha Divif 2, untuk hari kedua dilaksanakan tes garjas A dan B .

Pasi Pamops Denpal Divif 2 Lettu Cpl Probo mengatakan bahwa “ Tes Grjas merupakan salah satu syarat vital dalam usul kenaikan pangkat dan pendidikan.” Tes garjas dilaksanakan secara transparan dan sesuai hasil di lapangan. Sehingga setiap prajurit harus secara maksimal mengeluarkan tenaga dan kemampuan untuk mencapai nilai yang memenuhi kriteria menurut kategori umur prajurit. Hasil tes kesegaran jasmani ini akan dibawa ke dalam sidang Pankar tingkat Divif 2 Kostrad untuk bisa diusulkan Kenaikan Pangkat Periode 01 April 2018. “Jika seorang prajurit sadar dan sudah mengetahui kapan waktunya naik pangkat akan melaksanakan pembinaan fisik sebelum tes garjas sehingga hasilnya akan lebih baik dan tidak terdadak, sehingga hasil yang diperoleh lebih maksimal dan sesuai dengan kriteria kelulusan”, Jelas Pasi pamops.


Beberapa materi yang harus dilaksanakan dalam kegiatan garjas tersebut antara lain  melaksanakan Tes kesegaran A lari jarak 3.200 meter juga melaksanakan Tes kesegaran B meliputi Pull Up, Sit Up, Push Up dan Shutle Run, serta tes kesegaran C kemampuan renang militer dengan jarak 50 meter. Tes garjas mempunyai konsekwensi tinggi terhadap upaya prajurit untuk meraih suatu keingnan, dengan pengertian jika menginginkan suatu target nilai yang bagus maka berlatihlah dan jangan mengandalkan seseorang untuk menolongnya tetapi kemampuan diri yang terukur, sehingga apabila mencapai target nilai kelulusan akan merasa bangga dengan hasil usaha sendiri.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar