Kamis, 08 Januari 2015

PELATIHAN KADER PENANAMAN PADI PROGRAM KETAHANAN PANGAN

Pemberian materi tentang penanaman padi
Singosari, (07/01). Denpal Divif 2 Kostrad menyelenggarakan Pelatihan Kader Penanaman padi program ketahanan pangan yang dilaksanakan mulai dari tanggal 5 s.d. 7 Januari 2015 bertempat di Aula Darma Cakti Yudha selain di ruangan akan dilaksanakan di lapangan , diikuti oleh perwakilan dari setiap kompi yang mempunyai kemampuan dalam bidang bercocok tanam sehingga dapat mempercepat daya serap tentang pengetahuan penanaman padi.
Proses pembuatan pupuk cair alami

Dalam kegiatan tersebut diberikan beberapa pengetahuan tentang aneka ragam tanaman yang bisa memberikan kontribusi dalam mendukung ketahanan pangan yang merupakan materi yang mengandung komponen esensial protein, karbohidrat, mineral dan vitamin yang digunakan dalam tubuh suatu organisme untuk melanjutkan pertumbuhan, memperbaiki, proses vital dan mensuplai energi ).Salah satunya tanaman padi yang merupakan sumber utama pangan bagi mayoritas penduduk Indonesia.
Teknik penanaman padi


Adapun materi yang diberikan sangat menunjang dalam rangka memberikan tambahan pengetahuan untuk menanam padi dan merawatnya, dengan berbagai teknik bercocok tanam serta pembuatan pupuk cair non kimiawi, sehingga bisa mereduksi tingkat pencemaran bahan pangan dikarenakan pemakaian pupuk kimiawi buatan pabrik. Metode yang digunakan dalam pembuatan pupuk cair non kimiawi secara mandiri dengan menggunakan aneka buah dan sayur yang dicampur air mengandung ragi kemudian dihaluskan dengan diblender, ditunggu selama 14 hari barulah bisa dimanfaatkan. Diharapkan dengan adanya pelatihan kader penanaman padi bisa memberikan bantuannya untuk mewujudkan tingkat ketahanan pangan yang kuat. 


















































































Tidak ada komentar:

Posting Komentar