Rabu, 15 November 2017

TES GARJAS PERIODIK PRAJURIT


Pendenpal 2 (15/11).  Prajurit Detasemen Peralatan Divisi Infanteri 2 Kostrad  melaksanakan tes kesegaran jasmani ( garjas ) periodik 2 yang dilaksanakan di lapangan sapta marga Madivif 2 Kostrad Singosari, Malang.kegiatan tersebut dimulai dari tanggal 14 s.d. 15 november 2017, yang bertujuan agar dapat memaksimalkan keikutsertaan prajurit dalam mengikuti tes garjas.

Seperti yang diungkapkan oleh Pasi Pamops Denpal Divif 2 Kostrad Lettu Cpl Probo bahwa dalam kegiatan ini dapat dilihat tingkat kebugaran fisik setiap prajurit berkaitan dengan pola pembinaan yang diterapkan oleh satuan, apakah sudah sesuai dengan ketentuan untuk meningkatkan jasmani setiap prajurit. Beberapa materi garjas yang harus dilaksanakan meliputi Garjas A yaitu lari sejauh 3200 meter, Garjas B yaitu Pull Up,Sit Up, Push Up,Shuttle Run serta garjas C renang militer jarak 50 meter.


“ Tes garjas mempunyai konsekwensi tinggi terhadap upaya prajurit untuk meraih suatu keinginan, dengan pengertian jika menginginkan suatu target nilai yang bagus maka berlatihlah dan jangan mengandalkan seseorang untuk menolongnya tetapi kemampuan diri yang terukur, sehingga apabila mencapai target nilai kelulusan akan merasa bangga dengan hasil usaha sendiri.” Jelas Pasi Pamops.

Untuk penilaian disesuaikan  dengan kategori umur setiap prajurit , sehingga nilai setiap prajurit tidak sama dilihat dari jumlah pencapaian di setiap item materi garjas dikaitkan dengan umurnya. Dan apabila secara rutin membina fisik akan mendapatkan kemudahan dalam mencapai target minimum nilai kelulusan tes kesegaran jasmani. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar