Senin, 20 Oktober 2014

TRADISI SATUAN 2014



Dandenpal Divif 2 Letkol Cpl Adolf Surung Simanjuntak, S.Sos.  mengikuti tradisi satuan

Singosari ( 19/10 ).Detasemen Peralatan Divif 2 Kostrad menyelenggarakan kegiatan tradisi satuan selama 3 hari  mulai dari tanggal 17 s.d. 19 Oktober 2014. Kegiatan ini merupakan tradisi wajib yang harus dilaksanakan oleh setiap prajurit yang baru masuk dan bergabung di satuan Denpal Divif 2 Kostrad yang diikuti  juga oleh Dandenpal Divif 2 Letkol Cpl Adolf Surung Simanjuntak, S.Sos.dan Wadan Mayor Cpl Sugiarto.
Wadandenpal Mayor Cpl Sugiarto melewati rute tradisi satuan
Kegiatan diawali dengan Upacara Pembukaan Tradisi Satuan oleh Dandenpal Divif 2, selanjutnya bergulir secara bertahap semua event yang harus dilalui dan diselesaikan dengan pengorbanan tenaga, pikiran ataupun dukungan kekuatan mental dalam diri prajurit Denpal Divif 2 Kostrad. Tidak ada kata mundur dalam benak prajurit seperti pepatah “sekali melangkah pantang untuk kembali lagi sebelum selesai apa yang dikerjakan” , dengan menggunakan perlengkapan helm, senjata dan rangsel dengan beban yang telah ditentukan tidaklah menjadikan beban yang berat akan tetapi sebagai pelecut semangat untuk bisa mengatasinya untuk melewati rintangan alam yang akan menghadang dalam setiap perjalanan ataupun rute tradisi satuan, berupa jalan yang mempunyai variasi kontur dan bentuknya selain itu juga faktor cuaca ekstrim siap menghadang dalam menyelesaikan perjalanan tersebut.
Dandenpal menerima siraman air bunga
Sebagai gambaran rute klasik yang harus diewati seluruh peserta tradisi, dimulai dari Madenpal Divif 2 melewati beberapa alam pedesaan seperti Srigading diteruskan menuju Mendek yang mempunyai tanjakan khas penguji fisik dan mental sebelum memasuki daerah tersebut kemudian dilanjutkan ke Gerbo menyusuri perkebunan the Wonosari Lawang, dan perjalanan tradisi berakhir di Candi Sumberawan, Singosari Malang sehingga total jarak yang dilewati sekitar 60 km. Di tempat ini dilaksanakan puncak acara tradisi satuan Denpal Divif 2 Kostrad dan sebagai acara tambahan yang sakral yaitu pengukuhan bendera Tunggul Denpal Divif 2 Kostrad. Keseluruhan kegiatan yang berlangsung dilaksanakan dengan khidmat dan penuh dengan penghayatan makna dari tradisi tersebut, dimulai dengan penyiraman air suci, pengucapan ikrar dan janji serta tidak ketinggalan acara syukuran atas kelancaran dengan tidak adanya accident dalam kegiatan tradisi satuan
Wadandenpal menerima prosesi siraman air bunga
Upacara penutupan tradisi dilaksanakan di Madenpal Divif 2 Kostrad Singosari Malang, yang sebelumnya Dandenpal dan Wadan menerima pengalungan bunga oleh Ibu Danden dan Wadan sebagai simbol penyambutan prajurit yang telah lulus menempuh ujian mental dan fisik dalam acara tradisi satuan Denpal Divif 2 Kostrad.
Upacara tradisi satuan di Candi Sumberawan
Komandan dan Wadan beserta prajurit mengawal bendera kebanggaan kembali ke Kesatuan
            Tradisi satuan bisa dikatakan sebagai alat ukur kemampuan prajurit untuk menyelesaikan setiap tugas dan tanggung jawab yang diemban dikaitkan dengan dukungan mental sebagai elemen tunggal dalam memback up segala permasalahan ataupun kesulitan. Dan juga menanamkan rasa memiliki, memupuk jiwa korsa dan kebanggaan pada satuan agar tercipta hubungan batin yang kuat baik antara satuan dengan personel atau sesama personel. Hal lain yang hendak dicapai dalam kegiatan tersebut ialah untuk memberikan motivasi dan kebanggaan kepada anggota yang baru masuk satuan.
Upacara penutupan tradisi satuan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar