Jumat, 21 Oktober 2016

UJI COBA KENDARAAN OLEH TIM REHAB

Singosari, (20/10). Tim rehab kendaraan Detasemen Peralatan Divif 2 Kostrad melaksanakan kegiatan uji coba kendaraan bis yang telah selesai direhab oleh tim mekanik handal dari tiap kompi peralatan. Dilaksanakan pada hari kamis, 20 oktober 2016 dengan mengambil rute Singosari-juanda-Singosari yang disesuaikan dengan prosedur pengujian kendaraan.

Kegiatan uji coba kendaraan yang telah selesai rehab berfungsi untuk mengetahui kualitas komponen – komponen kendaraan dan sebagai evaluasi hasil pengerjaan terhadap fungsi komponen tersebut. Dalam aturan pelaksanaan uji coba kendaraan harus memenuhi beberapa persyaratan diantaranya harus ada penguji yang mempunyai kompetensi dalam bidang kendaraan serta adanya rute yang bisa mencakup segala aspek diantaranya berupa trek pengujian kecepatan tinggi, trek pengujian tanjakan dan turunan. Dengan berbagai pertimbangan maka dipihlah rute Singosari-juanda-singosari yang mempunyai karakter jalan lurus, tanjakan serta bermacam jenis tikungan, sehingga sangat cocok untuk dipergunakan uji coba kendaraan.

Adapun pengecekan kualitas kendaraan meliputi sistem pendingin ( cooling system ) yang dipantau apakah selama perjalanan kendaraan mengalami over heat. Sistem transmisi ( transmission systems ) yaitu untuk mengetahui fungsi perpindahan tenaga atau putaran mesin dari kopling ke poros propeller. Sistem suspensi ( suspension systems) untuk mengetahui tingkat kenyamanan selama di jalan, berfungsi sebagai peredam kejut. Sitem pengereman ( brake systems ) untuk melihat tingkat keamanan dalam hal mengurangi kecepatan atau menghentikan laju kendaraan. Sistem kelistrikan ( electrical systems ) untuk melihat fungsi kelistrikan mesin, bodi dan asesoris.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar