Kamis, 26 Januari 2017

TES GARJAS SATUAN UNTUK UKP PERIODE 01 OKTOBER 2017

Lari 3200 meter
Pendenpal 2 (26/01). Denpal Divif 2 Kostrad menyelenggarakan tes kesegaran jasmani bagi prajurit yang akan diusulkan kenaikan pangkat pada periode 01 oktober 2017,bertempat di lapangan sapta marga Madivif 2 Kostrad Singosari Malang. Kegiatan tersebut dimulai dari tanggal 26 dan 27 januari 2017.

Kegiatan Garjas merupakan suatu hal yang wajib dilaksanakan oleh prajurit dalam rangka untuk mendapatkan kesejahteraan berupa kenaikan pangkat lebih tinggi dari pangkat sekarang. Nilai garjas yang diperoleh setiap prajurit sangat menentukan kelayakan dalam pengajuan kenaikan pangkat, karena ada batas minimum nilai yang sudah menjadi aturan baku di Divif 2 Kostrad disesuaikan dengan kategori umur. Hal ini sudah menjadi atensi satuan untuk lebih memperhatikan pola pembinaan personil sehingga prajurit selalu siap fisiknya dalam tes kesegaran jasmani. Beberapa materi garjas yang harus dilaksanakan meliputi Garjas A yaitu lari sejauh 3200 meter, Garjas B yaitu Pull Up,Sit Up, Push Up,Shuttle Run dan Garjas C renang militer jarak 50 meter.
 
Pull Up

Dengan melihat beberapa materi tes kesegaran jasmani tidaklah mungkin apabila seorang prajurit menyiapkan fisiknya hanya dalam waktu yang singkat kecuali memiliki kemampuan fisik prima secara genetika. Pada dasarnya untuk menghadapi tes kesegaran jasmani dan lulus dengan nilai yang baik harus menyiapkan fisik lebih dini, terprogram. Tes garjas mempunyai konsekwensi tinggi terhadap upaya prajurit untuk meraih suatu keinginan. Adanya tes kesegaran jasmani setiap prajurit mengetahui kondisi fisiknya disesuaikan  dengan kategori umur, sehingga dapat dipantau perkembangan pembinaan jasmani. Tidak ada seorang prajurit yang hebat tanpa latihan yang teratur, terukur dan terprogram dengan baik.
Push Up
Sit Up
Shuttle Run
Renang Militer 50 meter

Tidak ada komentar:

Posting Komentar